MELANI OKTAFIARNI Menu

Langkah-langkah Manajer Dalam Mengelola Sumber Daya Fisik Dan Sumber Daya Konseptual

Rate this Post:

{[['', '', ''], ['', '', ''], ['', '', ''], ['', '', ''], ['', '', '']]}

Permalink:

Nama   : Melani Oktafiarni
Npm     : 49210655
Kelas    : 3DA03
Tugas   : Softskill (SIM 1)
 
 
Pendahuluan
 
Sumber daya diperoleh dan disusun agar siap digunakan saat diperlukan. Sangat sering proses penyusunan membutuhkan pengubahan suatu bahan mentah menjadi suatu bentuk yang lebih halus, seperti pelatihan pegawai atau konstruksi suatu bagian mesin yang khusus. Setelah sumber daya ini disusun, manajer berusaha untuk memaksimalkan waktu yang terbuang dan menjaganya agar berfungsi pada effisiensi puncak. Akhirnya manajer mengganti sumber daya ini pada saat kritis sebelum sumber daya tersebut menjadi tidak effisien atau usang.
 
Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna, kemudian ia memastikan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat, sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan. Pada akhirnya manajer membuang informasi yang tidak berguna dan menggantikannya dengan informasi yang mutakhir dan akurat. Seluruh aktivitas memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin, dan membuangnya pada saat yang tepat, disebut “Manajemen Informasi


Pembahasan/Isi

Sumber daya fisik merupakan sumber daya yang dipunyai perusahaan berupa gedung, peralatan-peralatan, modal maupun 8 unsur elemen lingkungan di sekitar perusahaan yaitu pemasok, masyarakat keuangan, pemerintah, masyarakat global, pelanggan, pesaing, pemegang saham atau pemilik, dan serikat pekerja.

Langkah-langkah yang diambil manajer dalam mengelola sumber daya fisik, adapun tugas manajer dalam mengelola sumber daya fisik terdiri dari :
1. sumber daya manusia
2. sumber daya material
3. sumber daya mesin (termasuk fasilitas dan energi)
4. uang

Sumber daya konseptual memiliki nilai dari apa yang diwakilinya, bukan dari
bentuk wujudnya. Para manajer menggunakan sumber daya konseptual untuk 
mengelola sumber daya fisik. 
Sumber daya konseptual yang dimaksud adalah Informasi.
Adapun langkah-langkah manajer yang diambil dalam mengelola Informasi :

1.  Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna. 

2.  Ia kemudian memastikan bahwa orang yang layak dalam organisasi menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat pada saat yang tepat sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan.

3. Akhirnya manajer membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggantikanya dengan informasi yang mutakhir dan akurat.

Seluruh akitivitas ini adalah memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin, dan membuangnya pada saat yang tepat disebut manajemen informasi.
 
 
Kesimpulan
 
Sumber daya fisik dan sumber daya konseptual sama-sama saling dibutuhkan dalam menjalakan  bisnis di perusahaan. Maka dari itu seorang manajer harus pintar dan mengerti bagaimana langkah-langkah yang diambil dalam  cara mengelola kedua sumber daya tersebut.  Ketika manajer salah langkah dalam mengelola kedua sumber daya tersebut, maka akan berakibat fatal untuk perusahaan.

Referensi :

 


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Theme Settings

x

Sidebar Position

Layout Type

Layout Style

Background Pattern

Example Styles